Follow Me !
Follow My IG
  • How prepared are you? Two more weeks and its gettinghellip
  • All my life essentials in one frame flowers flowerstagram fujihellip
  • Another milestone End of another grueling two years I thinkhellip
  • Selesai seminar 2 bersama 3 dosen super baik Now offhellip
  • Jumat itu hari yang paling menyenangkan buat berlehaleha Berandaiandai tentanghellip
  • Last weekend we had a short getaway to Jogja Forhellip
  • Over the last few years I always get to seehellip
  • Every beginning has an end and every ending is thehellip
tea-kingdom_6D-14157

Iran, the daily people

Minggu kemaren kebetulan ada tugas kantor yang mengharuskan saya ke Tehran, Iran. Tidak pernah terbayang sebelumnya bagaimana keadaan di negara yang sedang mengalami embargo, dan kontak terakhir dengan dunia luar adalah saat perang besar melawan negara tetangganya.

 

Informasi yang minim dan bahasa yang digunakan juga tidak terlalu membantu memberikan gambaran bagaimana kehidupan sehari-hari di Tehran, sampai saya sendiri mengalaminya …

 

#1 – Morning Fashion
Temperatur saat ini di Tehran berkisar antara 12-20 derajat. Pagi yang sejuk untuk penduduk lokal, tapi cukup dingin untuk yang tidak terbiasa di negara 4 musim.
morning_6D-12910

 

#2- Heat Up
Suhu dingin tidak menghalangi situasi memanas saat terjadi senggolan di jalanan pagi yang macetnya tidak kalah dengan Jakarta
unhappy_6D-12965

#3 – Bapak Polisi
Di pagi hari yang rawan macet, polisi terlihat cukup aktif menjaga dan mengatur lalu lintas kendaraan umum dan pribadi
mr-police_6D-13298

 

#4 – Menunggu
Walaupun bahan bakar murah dan mobil produksi sendiri, tidak semua warga Iran memiliki mobil. Transportasi umum seperti metro dan bus yang beroperasi 24 jam siap melayani para komuter.
waiting_6D-13510

 

#5 – Roti Papan
Roti yang bentuknya seperti papan ini adalah salah satu makanan utama penduduk Iran. Silahkan membayar dan dapur pembakaran di balik loket kecil itu selalu siaga menyediakan roti untuk anda.
roti-papan_6D-13546

 

#6 – Ice Cream Saffron
Saat pulang kantor orang Iran banyak yang mampir di kios ice cream dan cemilan untuk sekedar mengobrol dan menghabiskan waktu sebelum kembali ke rumah masing-masing. Bapak ini menjual Ice Cream Saffron yang jadi salah satu makanan khas Iran ..

 saffron-ice-cream_6D-13689

#7 – Hang Out
Kesetaraan ternyata sesuatu yang cukup umum di Iran. Setiap orang berhak untuk hang out untuk menikmati suasana. Yap .. termasuk para wanita.
hangout-night_6D-13692

 

#8 – Juice Seller
Selain ice cream, juice buah juga salah satu favorit pembeli dan penjualnya banyak tersebar di mana-mana. Tidak seperti di Indonesia, penjual makanan di Iran tidak diijinkan berjualan dengan gerobak di pinggir jalan.

 carrot-juice-6D_13690

#9 – Tea Kingdom
Iran ternyata adalah negara teh, walaupun tidak punya kebun teh sendiri. Di setiap kedai makanan akan ada bermacam-macam teh, dan hanya satu jenis kopi .. kopi instan .. not fun buat saya. Bapak ini selain sebagai waiter juga adalah seorang komedian. Dan dapur ini adalah panggung tempatnya tampil ..

tea-kingdom_6D-14157

#10 – Ayam Putar
Makanan ini menjadi penyelamat untuk kami yang berselera nusantara. Hari kedua disuguhi kebab kambing dan yoghurt, perut, leher dan lidah sudah tidak sinkron. Untunglah banyak kedai penjual roast chicken yang bumbunya paling mirip dengan yang ada di tanah air ..

 chicken6D-13340

#11 – Family Man
Hari Jumat di Iran adalah hari libur seperti hari Minggu di negara-negara lain. Bapak ini adalah driver yang sehari-hari mengantarkan kami dari hotel menuju ke venue pameran dengan busnya. Dan saat hari jumat, anak dan istrinya akan ikut di bus untuk berekreasi dan menghabiskan waktu bersama-sama walaupun sang bapak harus bekerja .. touching ..
driver_6D-14166

 

Demikian 11 foto yang menurut saya paling banyak bercerita tentang orang-orang Iran dalam keseharian mereka. Keramahan yang ditunjukkan tidak kalah dengan yang ditawarkan oleh orang Indonesia. Dan terlepas dari berbagai pemberitaan yang rasanya berat sebelah oleh media, saya pulang dengan pengalaman baru yang tidak terduga dan sangat berseberangan dengan saat pertama kali menginjakkan kaki di Bandara Internasional Imam Khomeini.

No Comments

Post a Comment