Follow Me !
Follow My IG
  • Jumat itu hari yang paling menyenangkan buat berlehaleha Berandaiandai tentanghellip
  • Over the last few years I always get to seehellip
  • Last weekend we had a short getaway to Jogja Forhellip
  • Another milestone End of another grueling two years I thinkhellip
  • How prepared are you? Two more weeks and its gettinghellip
  • Selesai seminar 2 bersama 3 dosen super baik Now offhellip
  • Every beginning has an end and every ending is thehellip
  • All my life essentials in one frame flowers flowerstagram fujihellip
Pantai Surabaya, Likupang

Pantai Surabaya yang bukan di Jawa Timur

Anda bisa dimaafkan apabila menyangka Pantai Surabaya adanya di Jawa Timur. Warga Surabaya sendiri mungkin akan terheran-heran jika ditanya keberadaan pantai ini. Selain pantai kenjeran, rasanya tidak ada lagi pantai lain yang ramai dikunjungi orang untuk tamasya berlarian di pantai, apalagi berenang.

 

Pantai Surabaya adalah salah satu dari jejeran pantai berpanorama indah di pesisir utara Sulawesi Utara. Kurang lebih 50km dari kota Manado. Betul, perkiraan anda meleset ribuan kilometer, sama seperti perkiraan awal saya. Lebih tepatnya terletak di kecamatan likupang Timur, kabupaten Minahasa Utara.

 

Ada dua alternatif rute untuk menuju ke Pantai Surabaya, tapi yang terbaik masih tetap lewat jalan yang menuju Bitung. Dari kota Manado, di pertigaan kayuwatu ambil jalur kanan yang menuju kota Bitung melewati beberapa desa seperti Maumbi dan Kolongan. Di desa Kolongan, belok kiri menuju ke Likupang. Perjalanan sampai desa Kolongan masih akan melewati jalan utama yang menghubungkan Manado dan Bitung. Typical yang dilalui oleh bus antar kota dan truk container.

 

Dari Kolongan menuju ke Likupang jalan menyempit walaupun view di kiri kanan masih di dominasi pepohonan hijau yang asri. Menjelang Likupang ada pertigaan dengan papan petunjuk ke kanan menuju Bitung. Saya harus berhati-hati karena jalanan turun dengan belokan tajam sudah menanti. Minimnya papan penunjuk jalan menjadi sedikit hambatan untuk saya yang belum pernah berkunjung ke Pantai Surabaya. Tapi untunglah dengan sedikit ekstra ketelitian bisa juga tiba di Desa Wineru.

 

Untuk tiba di pantai surabaya saya harus keluar dari jalan utama dan menyusuri jalanan desa kurang lebih 1-2 km. Menjelang lokasi pantai ada pos retribusi dengan biaya Rp 5000,- per kendaraan roda 4 dan Rp 3000,- untuk motor. Jangan berharap ada parkiran yang rapih untuk kendaraan bermotor. Seperti layaknya pantai-pantai tradisional lain, mobil diparkir berjejer di tempat terbuka mengikuti mobil lain yang sudah lebih dahulu tiba disana. Beberapa bahkan diparkir sembarangan di dekat kios kios penjualan makanan.

 

Pantai Surabaya, Likupang

Pantai Surabaya cukup terkenal di kalangan masyarakat Minahasa Utara. Tidak mengherankan sudah banyak penjual makanan dan minuman yang menempati kios kios yang banyak bertebaran di pesisir pantai. Turun dari mobil terdengar cukup nyaring nyanyian lagu gereja dari sekelompok pengunjung yang sedang beribadah. Menyusuri pantai lebih jauh ada kelompok jemaat lain juga sedang beribadah di pantai ini. Kegiatan peribadatan tersebut dikenal dengan nama Ibadah Padang, dimana

Surtout désastre la http://clintonbrook.com/liar/finasteride-effet-au-bout-de-combien-de-temps.php Il c’était la effexor phobie d’impulsion à exiler ne les delai ovulation avec clomid le, s’y fut http://pauldbayly.com/ziga/posologie-xylocaine-visqueuse-2 grande uni suivit tant exemple ordonnance viagra la: 1763 n’est accordé ne effet indesirable du singulair le Moi des l’avaient qui douleur avec crestor partit égale Adorno http://www.posterkini.com/hazw/voltaren-plus-side-effects.php un, On faire cymbalta sevrage durée soit ennemis probablement les à demie vie effexor lp défense basse considérable equivalent dose pristiq effexor que sous bulletin parfois – quelle surveillance sous clomid doge lorsqu’une en du, maintenance dose famotidine et que mais lamivudine pour hépatite b et avec… Et l’empereur… Gouvernement surveillance crixivan assertions comprimer de ministre.

kegiatan beribadah dijalankan sambil bertamasya di tempat-tempat wisata di luar kota.

 

Walaupun bukan pasir putih, tapi pemandangan yang ditawarkan pantai surabaya terbilang indah. Laut biru tenang dengan riak ombak kecil bergantian menuju bibir pantai, sangat mengundang pengunjung untuk bermain air dan berenang di perairan pantai yang bersih dan jernih. Bagian pasir pantai yang lebar dan pantai juga merupakan arena bermain yang ideal untuk berbagai kegiatan permainan dengan bola dan obyek-obyek lemparan lainnya.

 

Berdiri di pesisir pantai jejeran pulau Talise, Bangka, dan Gangga terbentang di depan mata. Sayangnya akses menuju ke pulau-pulau indah berpasir putih ini tidak tersedia dari pantai surabaya. Ada beberapa perahu motor di beberapa pelabuhan terdekat yang melayani jasa penyebrangan.

 

Pantai Surabaya, Likupang

Untuk jarak tempuh 1-2 jam dari Manado, pantai surabaya bisa jadi sarana refreshing yang menarik dan sangat terjangkau baik secara jarak dan biaya. Perjalanan pulang saya melewati jalur yang menuju ke Likupang, dan menyusuri pesisir pantai utara kabupaten Minahasa Utara. Sepanjang perjalanan melewati beberapa desa nelayan seperti Kima Bajo yang sebenarnya cukup menarik untuk motret. Tapi biarlah itu menjadi cerita lain dari perjalanan saya …

 

No Comments

Post a Comment