Follow Me !
Follow My IG
  • Selesai seminar 2 bersama 3 dosen super baik Now offhellip
  • Another milestone End of another grueling two years I thinkhellip
  • Last weekend we had a short getaway to Jogja Forhellip
  • How prepared are you? Two more weeks and its gettinghellip
  • Every beginning has an end and every ending is thehellip
  • Over the last few years I always get to seehellip
  • All my life essentials in one frame flowers flowerstagram fujihellip
  • Jumat itu hari yang paling menyenangkan buat berlehaleha Berandaiandai tentanghellip
IMG_1619

Pesona pantai Kukup di pesisir selatan Wonosari

Hampir sependek ingatan saya, kalau menyebutkan wisata pantai di Jogja langsung akan muncul nama pantai Parangkusumo, Parangtritis dan sekitarnya. Memang letaknya yang relatif dekat dengan kota Jogja menjadikan pantai ini sebagai tempat favorit leyeh-leyeh menghabiskan sore menunggu matahari terbenam.

 

Belakangan ini Kabupaten Gunung Kidul mulai menggeliat di bidang pariwisata. Nama pantai Baron, Kukup, Sundak, Krakal, Indrayanti, dll muncul sebagai bahan pembicaraan antar traveller. Posisinya yang berdekatan satu dengan yang lainnya menyebabkan kunjungan ke pantai-pantai ini dianggap sebagai satu paket. Namun demikian, pantai-pantai ini mempunyai karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya.

 

Pantai Kukup adalah pantai kedua yang bisa ditemukan dari arah Wonosari. Setelah melewati pos retribusi dan membayar Rp 19.000 per dua orang, pengunjung akan menemukan pantai Baron terlebih dahulu. Cerita tentang pantai Baron bisa dilihat disini. Di setiap kompleks pantai ini ada biaya parkir Rp 5.000,- per kendaraan. Parkiran pantai Kukup letaknya kurang lebih 300 meter dari bibir pantai.

 

Di sepanjang jalan masuk menuju pantai banyak penjual cinderamata dan makanan ringan seperti peyek rumput laut dan udang yang bisa menjadi oleh-oleh khas dari pantai Kukup.

 

IMG_1629

Sekilas terlihat pantai Kukup seperti miniatur Tanah Lot di Bali. Garis pantainya melengkung dengan sebuah pulau kecil berdiri sendiri dan terhubung oleh jembatan. Pantai pasir putihnya halus dan enak untuk dipakai lari-larian atau olahraga pantai, walaupun sebenarnya tidak seberapa luas.

 

Secara posisi, Pantai Kukup ini adalah bagian dari laut selatan pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun sampai kurang lebih 100m dari bibir pantai, dasar laut nya berbentuk karang landai yang memecah ombak laut selatan jauh sebelum mencapai bibir pantai. Ketinggian air di bagian ini hanya semata kaki atau betis di bagian paling dalam. Banyak pengunjung yang bermain air saat surut, namun tetap perlu diperhatikan keselamatan pribadi, khususnya pada saat laut pasang.

 

kukup-trio_1603-1920px

Penduduk sekitar terlihat banyak yang mencari rumput laut dan berbagai macam biota laut untuk dimanfaatkan sebagai bahan makanan maupun cinderamata.

 

Ingin rasanya berlama-lama di Pantai Kukup yang tenang ini, namun karena waktu yang terbatas perjalanan harus dilanjutkan untuk menjelajahi pantai-pantai yang lain disekitar sini.

 

 

No Comments

Post a Comment