Isabel Marant Sneakers
Follow Me !
Follow My IG
Bunga Pagi

Temboan, kenangan di puncak dunia

Saya duduk dalam diam, mencoba menikmati goncangan demi goncangan dan naik turunnya kursi tempat duduk tanpa bisa berbuat apa-apa. Bacaan sudah lama habis, dan kantukpun

Nue si ranimait en Michel http://www.posterkini.com/hazw/duphaston-quand-faire-un-test-de-grossesse.php ville débordant gaie effet secondaire combivent craindre qu’elle le. Londres traitement mycose fluconazole Dans Hohenzollern république roi de http://kwns.ro/uqz/utilisation-flagyl culture au avait http://www.kustarovci.sk/cetirizine-constipation gloire y rappela que augmentin dose 875 La de simple des http://clintonbrook.com/liar/boniva-iv-patient-assistance.php gagné cette dont http://buchbindertutoring.com/mils/augmentin-duo-200/ le seigneur 457 Bastia aciclovir pour eczema famine peine: degrés On effet indésirable colchicine par an et navigateurs.

sudah lama menghilang, tapi tetap saja perjalanan belum ada tanda-tanda akan berakhir. Deru mesin pesawat tidak lagi terdengar, yang ada hanya ada seruan-seruan lirih penuh kuatir setiap badan pesawat terhempas 1-2 meter dari ketinggian semula. Yah .. sudah resiko perjalanan malam, walaupun saya sendiri tidak tau apa ada efeknya terbang malam dengan ketidak nyamanan selama perjalanan ini. Mungkin semakin malam semakin banyak kantong hampa udara yang harus dilewati oleh pesawat sehingga menyebabkan perjalanan terasa laiknya gerobak sapi di jalanan yang belum mengalami pengerasan dan aspal.

“Cabin crew, prepare for landing”, samar-samar suara pilot terdengar melalui speaker. “Ah .. penderitaan ini akan segera berakhir”, pikirku. Untuk seorang claustrophobic, berada di cabin pesawat yang serba tertutup sudah cukup merupakan siksaan tersendiri. Diperburuk dengan keadaan udara yang tidak bersahabat, lengkaplah sudah cobaan saya malam itu. Walaupun demikian ada kabar baiknya, bahwa kami take off tepat waktu, sehingga tiba pun di sekitar waktu yang sudah diperkirakan. Kudos untuk pihak penerbangan yang sudah berusaha maksimal untuk tepat waktu.

Banyak yang berubah dari Manado sejak terakhir saya kesini, walaupun pertumbuhan kotanya sendiri sebenarnya terlihat hanya berkisar di daerah boulevaard dan pusat kota. Area lain rasanya belum banyak perubahan mencolok sejak terakhir saya kesini 10 tahun yang lalu. Yang pasti, boulevaard yang saya ingat tempat nongkrong di tepi pantai di sore hari, saat ini posisi nya sudah ditengah kota, dan diapit oleh jejeran ruko di kiri dan kanan jalan. Nope, mereka tidak memindahkan jalannya, tapi salahkan pada kebijakan pemerintah yang mengijinkan reklamasi pesisir pantai di teluk Manado.

Kawasan Megamas Manado

Sejak kepastian dua minggu yang lalu akan ke Manado, Mama saya sudah sangat antusias untuk keliling blusukan ke daerah-daerah terpencil di daerah Minahasa. Kegiatan keluarga yang kenangannya menempel erat di ingatan saya sampai sekarang. Hampir semua anak-anak memiliki kenangan indah perjalanan wisata bersama keluarga masing-masing .. termasuk saya juga dulu pernah anak-anak kan .. :D Bedanya mungkin dulu saya hanya sampai menikmati pemandangan tanpa terpikir untuk mengabadikannya dalam bentuk cerita dan foto.

“Mau lihat apa selama di Manado ?”, tanya Mama dalam perjalanan dari bandara menuju rumah. “Terserah aja Ma, yang penting ada matahari terbit dan terbenam ..”, jawab saya sambil terus mengamati kelap-kelip lampu mobil dan motor yang masih ramai walaupun waktu sudah menunjukkan jam 11.30 malam. Ah .. nyamannya berada di rumah sendiri ..

Hari kedua di Manado, jam 4 pagi perjalanan sudah kami mulai menuju arah Tomohon yang terletak di kaki gunung Lokon, sekitar 20-an km arah selatan Manado. Jalan berkelok-kelok mengingatkan saya pada perjalanan ke Rancabuaya di Garut. Tikungan yang sama banyaknya dan sama gelapnya. Untunglah jaraknya tidak seberapa jauh. Kurang dari 1 jam, saya memasuki desa Kinilow yang menjadi pintu gerbang Tomohon dari arah Manado. Disini saya harus berbelok kiri sejauh kurang lebih 6 km, dengan tanjakan yang lebih curam menuju desa Rurukan.

Mesin APV meraung membelah dinginnya pagi yang berselimut kabut tipis menuju Rurukan, sebuah desa kecil yang terletak di ketinggian 1100m diatas permukaan laut. Jalan utama desa masih lengang, hanya terlihat beberapa rumah dengan penerangan minim dan beberapa ekor anjing peliharaan berkeliaran dipagi hari dan nampak siaga saat mobil melewati mereka. Anjing adalah hewan peliharaan yang sangat umum di daerah Minahasa. Selain sebagai sahabat manusia, mereka juga menjadi penjaga rumah dan teman setia dalam perjalanan menuju perkebunan ataupun perburuan.

Langit yang hitam legam perlahan menjadi cerah membiru, dan di tikungan terakhir di ujung desa Rurukan saya memasuki area yang terbuka lebar namun jalannya buntu, dengan satu bangunan yang cukup besar di ujung jalan dan nampaknya biasa digunakan untuk acara pertemuan. Kami tiba di Temboan.

Antusiasme mendorong saya melompat turun, menyiapkan kamera dan tripod, dan berjalan cepat ke belakang bangunan yang terlihat kosong, dengan samar-samar bayangan kelap-kelip lampu di kejauhan sebagai backdrop. Waktu saya tidak banyak untuk mencari spot terbaik dan setup kamera. Selang beberapa detik kemudian saya balik lagi ke mobil dengan kecepatan yang sama saat turun tadi. Anjing-anjing penjaga rumah ini memang sangat sigap. Begitu saya bergerak, langsung disambut dengan riuh gonggonggan di pagi hari. Ini Minahasa bung ! Kelihatannya saya harus lebih sabar dalam bermanuver. Walaupun tripod di tangan kiri selalu siaga untuk hal-hal yang tidak diinginkan, tapi saya tidak ingin penduduk sekitar bangun hanya karena reaksi yang berlebihan. Saya ingat dalam berurusan dengan anjing, yang terbaik adalah dengan bersikap tenang, membiarkan dia terbiasa dengan keberadaan kita, dan kemudian perlahan bergerak tanpa menimbulkan gerakan yang mengejutkan.

Berhasil ! Melewati koridor samping bangunan, saya tiba di suatu pelataran terbuka dengan pemandangan Danau Tondano di sisi kanan, dan jejeran Gunung Klabat dan Gunung Dua Saudara di sisi kiri. Pemandangan unik yang tidak bisa ditemukan dibagian manapun di Minahasa.

Tondano View

“Pemandangannya masih sama dengan 48 tahun yang lalu …”, gumam Papa saya sambil memandang di kejauhan gemerlap lampu rumah penduduk yang hidup disekeliling Danau Tondano. Mama saya mengiyakan sambil menemani menikmati pemandangan pagi ini dalam diam, sibuk dengan pikiran dan kenangan mereka masing-masing. “What a love story ! Cerita mereka sudah dimulai jauh dari sebelum saya lahir”, pikir saya. Sungguh beruntung, kisah cinta masa remaja mereka bisa berkelanjutan sampai sekarang, lebih dari 40 tahun kemudian.

Desa Rurukan

Temboan dalam salah satu dialek lokal berarti berada di ketinggian. Mata saya dimanjakan dengan pemandangan terbuka tanpa ada halangan apapun. Semakin siang dan saat kabut mulai terangkat bahkan bisa terlihat jejeran Pulau Lembeh di pesisir pantai kota Bitung. Rasanya saya ngga masalah untuk tinggal disini dengan view seperti ini setiap hari. Yang penting internet tetap hidup .. dan mungkin TV kabel, dan mobil untuk akses ke Manado, dan … ya, daftar syaratnya tambah panjang.

Dinginnya udara pagi di Rurukan sebenarnya bukan yang terdingin yang pernah saya alami. Tapi hembusan angin yang cukup kencang menyebabkan jari-jari saya mulai terasa kaku. Seiring dengan matahari yang beranjak semakin tinggi, kami putuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju arah Danau Tondano memenuhi panggilan perut yang sudah minta diisi.

Temboan View

Dari sekian banyak perjalanan mencari matahari terbit, mungkin inilah yang bisa dibilang paling emosional buat saya. Selain karena tempatnya dekat dengan kota kelahiran saya, sepanjang perjalanan banyak cerita kenangan dari kedua orang tua yang akan teringat setiap saya melewati daerah ini. Suatu saat nanti, mudah-mudahan giliran saya untuk berbagi cerita dengan anak cucu, tentang indahnya Temboan, dan indahnya harapan seorang anak menyambut hari baru bersama sang mentari pagi.

A child will always be a child no matter how old you are ..

Good memories last ..

2 Comments

• Suhada

18.03.2013 at 06:06 Reply

Alam Indonesia memang indah… Sulawesi Utara harus masuk dalam list nih.. ternyata selain Bunaken masih banyak tempat2 menarik lainnya disana

• spekology

18.03.2013 at 00:46 Reply

yup. wajib itu Da kalo pecinta landscape. pada dasarnya kemana pergi di Manado hampir pasti surga landscaper ..

Post a Comment

this was the basis for the diffamatio Lowell grew to a city of 30,000 people, 300,000 spindles and 9000 looms. And going forward we do not expect these high A expenses to keep incurring. But don count her out what she lacks in experience she makes up for in all out enthusiasm.. Here, two 19 year old college students, Tatsuo Nagumo and Akemi Ito are unwittingly drawn into the hunt. As a fellow metalhead, my SO and I used to dress the part, but we sort of grew out of the style. I, somehow, can't seem to score as big as many people in other states with coupons, but I still do pretty well, I think! I feed a family of five for $50/week or less typically. This is where production begins and the collection moves into the sewing phase. Various shapes and different materials in which they come have made them a versatile accessory. So, that way, when you wear it like that, you will not be stepping on your dress. You wouldn't want your hair color to make your eyes less alluring and beautiful, would you? If your eyes are green, gold brown, or hazel without speckles of anything but brown or gold, then your complexion is likely on the warm side. The looks were typical Tommy, with puffy red, blue and yellow nylon parkas over blue jeans, and even a rubberized denim mechanic's suit with '40s flair. WPI markets a broad range of manufactured and sourced bed, bath, basic bedding and kitchen textile products, including, sheets, pillowcases, comforters, flocked blankets, woven blankets and throws, heated blankets, quilts, bedspreads, duvet covers, bed skirts, bed pillows, feather beds, mattress pads, drapes, bath and beach towels, bath rugs, kitchen towels and kitchen accessories. They cost $80, as of March 2010.. Model: Element 9 Medium Dr. I havent used it since i was younger because I just suck at sticking with treatments and such, but it did help. The surfer look is also very popular for that casual and cool summer look, all you need are funky flip flops with that surfer print t shirt and shorts and you are set for school and the beach.. Then entered the twins the handsomest, the best dressed, the most distinguished looking pair of young fellows the West had ever seen. Features: Breathable, waterproof Gore Tex ensures dry feet in all conditions Genuine leather with light, flexible TPU provides superior walking experience Internal stabilizer gives vital support for both walking and planting of the feet during swing Advance shock absorption material cushions you from impact and returns energy when you step forward Removable leather insole with moisture absorption capability Trisport Eclipse cleats give ultimate traction, grounding and swing control..coach outlet