Follow Me !
Follow My IG
  • How prepared are you? Two more weeks and its gettinghellip
  • Over the last few years I always get to seehellip
  • Selesai seminar 2 bersama 3 dosen super baik Now offhellip
  • Every beginning has an end and every ending is thehellip
  • Another milestone End of another grueling two years I thinkhellip
  • Last weekend we had a short getaway to Jogja Forhellip
  • Jumat itu hari yang paling menyenangkan buat berlehaleha Berandaiandai tentanghellip
  • All my life essentials in one frame flowers flowerstagram fujihellip
SAM_0499

Wisata pasir putih pantai Delegan, Gresik

Berbicara tentang wisata pantai di sekitar Surabaya memang tidak banyak pilihan selain Pantai Kenjeran. Namun apabila kita mau bergerak sedikit ke luar kota, selain Madura,  Lamongan menawarkan Wisata Bahari Lamongan yang penuh dengan aneka permainan air dan dikelola dengan cukup baik. Tentu saja dengan harga tiket tanda masuk yang lumayan juga.

 

Gresik yang terletak tepat diluar Surabaya juga menawarkan wisata pantai pasir putih dengan biaya yang sangat terjangkau. Tepatnya di desa Delegan, kecamatan Panceng yang berjarak kurang lebih 40km dari kota Gresik.

 

Akses termudah menuju Delegan dari Surabaya adalah melalui tol dan keluar di gerbang Manyar. Di pertigaan setelah gerbang tol ambil arah kiri menuju jalan raya Daendels. Setelah melewati Sidayu dan memasuki area hutan jati, siap-siap untuk belok kanan. Ada papan penunjuk jalan untuk belok ke kanan keluar dari jalan utama. Dari belokan jalan utama ini, pantai delegan berjarak kurang lebih 1-2km.

 

Setelah melewati pemukiman warga dan area persawahan, pengunjung akan disambut pintu gerbang masuk ke area kompleks pantai pasir putih delegan. Tarif masuk dewasa Rp 3500 dam Rp 2500 untuk anak kecil. Di dalam kompleks tersedia area parkir yang lumayan luas, tapi harap dipertimbangkan makin siang makin banyak pengunjung dan ada kemungkinan kehabisan tempat untuk parkir.

 

SAM_0497

Fasilitas yang ditawarkan sudah cukup memadai dan nampak dikelola dengan baik. Selain parkiran mobil, banyak kios penjual makanan, minuman, dan souvenir untuk kenang-kenangan pernah berkunjung ke wisata pasir putih pantai delegan. Selain itu juga banyak tersedia fasilitas kamar mandi dan toilet untuk melayani pengunjung yang ingin bilas setelah berenang di pantai yang cukup bersahabat sebagai tempat berenang. Walaupun terlihat tenang, pengunjung tetap harus waspada saat ada pengumuman dari pengelola pantai bahwa angin dan ombak cukup kencang, demi untuk keselamatan bersama.

 

SAM_0498

Di sepanjang pesisir pantai banyak penjual layangan dan kios yang menyewakan pelampung yang terbuat dari ban dalam bekas mobil. Cukuplah untuk digunakan anak-anak bermain layaknya perahu. Namun tetap orang tua lebih baik menemani agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

 

Pantai delegan walaupun pasirnya putih, namun masih terdapat beberapa butiran batuan yang cukup tajam dan lumayan terasa dikaki kalau terinjak. Pengunjung bisa mempertimbangkan untuk tetap menggunakan sendal untuk berjalan-jalan di pesisir pantai, maupun untuk sekedar bermain-main di pantai yang terkena air.

 

SAM_0499

Overall, wisata pasir putih pantai delegan menawarkan alternatif tempat wisata di pesisir utara Jawa Timur selain Wisata Bahari Lamongan. Memang tidak ada fasilitas permainan dan wahana air seperti yang ditawarkan WBL, tapi dengan mempertimbangkan harganya, wisata pasir putih pantai delegan sudah sangat memadai untuk dikunjungi dalam waktu singkat dari Surabaya.

 

1 Comment

  • farid

    11.05.2014 at 23:20 Reply

    tolong kasi info harga tiket masuk dan biaya parkir Bus terbaru di pantai ini .karena banyak fersi… bisa sms segera di no ini 085706888917… trims

Post a Comment